Dengan Sereal Umbi Garut Nutriflakes, Lambung Sehat, Maag dan GERD Minggat!

Sumber foto: nutriflakes.id

Tahukah kamu bahwa maag dan GERD merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami di dunia? Di Indonesia sendiri, prevalensi penyakit maag dan GERD mencapai 27,4% dengan rasio perbandingan 2:1 hingga 3:1 untuk laki-laki dan perempuan (SINT Carolus, 2022).

Maag vs GERD

Sumber Foto: DrZuhdy.com

Meski sering dianggap sama, kedua penyakit ini sebenarnya berbeda. Maag atau disebut juga dengan gastritis merupakan peradangan yang terjadi pada dinding lambung akibat infeksi bakteri Helicobacter pylori. Sedangkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan suatu kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan sehingga dapat menginfeksi esofagus. GERD bersifat kronis dan biasanya terjadi secara tiba-tiba. Penderita GERD biasanya merasakan sensasi panas dan nyeri dada. GERD disebabkan oleh lemahnya otot yang berperan dalam buka-tutup klep pada saluran kerongkongan. Sedangkan maag terjadi akibat terganggunya proses pencernaan yang dapat berakibat pada rusaknya mukosa lambung sehingga dapat menimbulkan peradangan pada dinding lambung dan timbul rasa nyeri. Penyakit maag dapat dengan mudah disembukan dengan cara mengonsumsi obat maag seperti antasida serta penjagaan pola makan. Meskipun demikian, penyakit maag bisa menjadi parah apabila tidak ditangani dengan tepat serta diikuti dengan pola makan yang buruk.

Solusi untuk Maag dan GERD

Selain mengonsumsi obat, memperbaiki pola makan merupakan hal wajib yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi asam lambung naik. Pola makan yang baik sangat berpengaruh terhadap kesehatan organ pencernaan. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi maag dan GERD yaitu menghindari makanan yang dapat memicu refluks serta makan lebih banyak serat. Berbagai makanan pemicu refluks seperti soda, kafein, dan cokelat dapat memicu terjadinya mulas serta meingkatkan asam lambung. Sedangkan serat dapat membantu proses pencernaan agar dapat bekerja dengan sehat dan lancar.

Sereal Umbi Garut Nutriflakes

Sumber foto: tribunnews.com

Sereal umbi garut nutriflakes merupakan salah satu makanan sehat tinggi serat yang kaya akan manfaat. Sereal ini sangat baik dikonsumsi karena terbuat dari bahan-bahan alami premium yang baik untuk sistem pencernaan sehingga dapat meredakan gejala maag dan GERD. Berikut ini merupakan bahan-bahan kualitas premium yang digunakan dalam pembuatan sereal umbi garut nutriflakes:

Umbi Garut (Irut)

Bahan ini merupakan bahan utama yang digunakan untuk pembuatan sereal umbi garut nutriflakes. Umbi garut kaya akan kandungan manfaat yang baik untuk sistem pencernaan. Pati merupakan salah satu kandungan utamanya yang kaya akan karbohidrat. Selain itu, masih banyak nutrisi yang terkandung dalam umbi garut yang memiliki banyak manfaat seperti menurunkan berat badan, mengatasi diare, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menyembuhkan asam lambung.

Psyllium Husk

Bahan ini merupakan serat larut yang berasal dari biji sekam. Bahan ini bermanfaat untuk menyerap air dan membentuk gel karena memiliki 66% kandungan serat larut dan 34% serat tidak larut. Gel yang terbentuk dapat berfungsi untuk mengikat lemak, gula darah, dan kolesterol dalam lambung dan mengangkutnya menuju usus besar untuk kemudian dikeluarkan ketika buang air besar.

Susu Etawa Murni

Bahan ini sudah umum dikenal dengan kandungan manfaatnya yang melimpah. Kandungan vitamin A dan B pada susu kambing etawa diketahui lebih tinggi daripada susu sapi. Bahan ini juga mengandung zink, besi, magnesium, dan asam lemak berantai pendek. Bahan ini memiliki manfaat untuk menetralkan kadar asam lambung, meningkatkan metabolisme tubuh, serta mencegah risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Daun Kelor (Moringa oleifera)

Bahan yang dikenal sebagai daun ajaib ini memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan yang sangat meimpah mulai dari meredakan peradangan, menurunkan kolesterol, antikanker, antiinflamasi, hingga mencegah terjadinya anemia. Bahan ini juga diketahui sangat ampuh mengatasi maag karena dapat meredakan peradangan yang terjadi di dinding lambung.

Gula Aren

Dari berbagai jenis gula lainnya, gula aren memiliki kandungan gizi yang cukup baik seperti kandungan vitamin B kompleks yang meliputi vitamin B1, B2, dan B3. Bahan ini juga berperan sebagai antiinflamasi serta antimikroba sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, bahan ini juga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes daripada gula pasir.

Manfaat dan Kandungan Sereal Umbi Garut Nutriflakes

Dengan berbagai bahan-bahan alami premium dalam pembuatannya, sudah barang tentu bahwa sereal umbi garut nutriflakes juga memiliki manfaat yang melimpah, terutama untuk mengatasi maag dan GERD. Beberapa manfaat dari sereal umbi garut nutriflakes yaitu:

Menguatkan dan Melancarkan Pencernaan

Kandungan nutrisi dan serat yang tinggi pada sereal umbi garut nutriflakes sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan termasuk usus.

Meredakan Gejala Maag Kronis

Bahan utama yang terkandung dalam sereal umbi garut nutriflakes yakni umbi garut dapat berperan dalam menurunkan pH sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya luka pada asam lambung. Dengan demikian, gejala begah, kembung, dan nyeri pada lambung dapat mereda.

Menurunkan Asam Lambung atau GERD

Tingginya asam lambung yang terjadi saat gejala GERD dapat diatasi dengan berbagai kandungan senyawa metabolit sekunder yang terkandung dalam bahan pembuatan sereal umbi garut nutriflakes.

Mencegah Obesitas

Sereal umbi garut nutriflakes mengandung bahan yang dapat berperan untuk mengikat lemak jahat sehingga dapat mencegah risiko terjadinya obesitas. Sereal ini sangat baik dikonsumsi karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Selain itu, sereal ini juga sangat baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet.

Bebas Maag dan GERD dengan Sereal Umbi Garut Nutriflakes

Berdasarkan berbagai kandungan sereal umbi garut nutriflakes yang kaya akan manfaat tersebut, sudah tidak perlu diragukan lagi untuk rutin mengonsumsinya. Tidak hanya ketika mengalami gejala maag dan GERD, sereal ini juga sangat baik digunakan untuk konsumsi harian. Jadi, jangan ragu untuk hidup sehat dengan rutin mengonsumsi sereal umbi garut nutriflakes!

 
Sumber:
https://www.stik-sintcarolus.ac.id/kegiatan-kampus/webinar-gizi-%E2%80%9Cupgrade-your-food-prevent-and-solve-gerd%E2%80%9D-364.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TiLik (Titik Balik)

Mimpi di 2 Juni

Hati-Hati dengan Hati